Resep Masakan Yu Sheng

in Ikan,Kuliner Imlek,Masakan Asia

Post image for Resep Masakan Yu Sheng

Yee sang secara harfiah berarti ikan mentah. Akan tetapi dalam bahasa Cina kedengarannya seperti yu sheng yang dapat diartikan sebagai peningkatan dalam kelimpahan. Menjadi simbol dari kekayaan, kemakmuran dan nasib baik.

Yu sheng meruapakan racikan sayuran yang beri saus. Terdiri dari beragam sayuran seperti lobak warna-warni, jahe, timun dan wortel serta jeruk Bali. Racikan salad ini mempunyai 4 rasa; asin, manis, pahit, dan pedas. Yu shengmerupakan makanan pembuka saat jamuan makan malam Tahun Baru Cina.

Jika ingin meracik sendiri, situs Noob Cook (21/01/2014) memberikan perincian bahan dan alat yang harus disiapkan.

1. Bahan utama
Siapkan 1 batang wortel kupas kulitnya, 1 batang lobak putih, 1 buah mentimun, 2 sendok makan acar jahe merah Jepang, 50 gram buah pomelo atau jeruk bali, pewarna makanan merah dan hijau, minyak untuk menggoreng dan manisan seperti kulit jeruk, jahe, dan jamur enoki.

2. Bahan pelengkap
Untuk pelengkapnya, 1 sendok makan biji wijen sangrai, 1 sendok makan kacang goreng yang dicincang halus, 1 sendok teh bubuk kayu manis, sejumput lada putih, 1 sendok makan extra virgin olive oil dan kulit pangsit goreng yang dipotong kecil.

3. Saus
Buatlah saus dengan 2,5 sendok makan saus plum, 1 sendok teh minyak wijen, air panas untuk melarutkan hingga cukup kental. Resep saus ini dapat digunakan untuk 2 porsi. Anda dapat melipatgandakan jumlahnya untul menyajikan 4 atau 6 porsi.

4. Memilih jenis ikan
Yu Sheng biasanya diberi campuran irisan ikan mentah. Ikan yang digunakan biasanya menggunakan irisan fillet salmon, tuna, atau kerapu dan bisa juga ditambahkan dengan irisan abalone.

5. Siapkan alat
Siapkan pengupas sayuran khusus dengan bentuk ‘gigi’ atau batang korek api atau alat pengiris mandolin untuk memotong-motong sayuran dengan cepat, biasanya bentuk yang dihasilkan strip tipis panjang, siapkan piring bulat untuk menaruh bahan utama sebagai kebulatan yang melambangkan kecukupan.

Share and Enjoy:
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google

{ 1 comment… read it below or add one }

1 Bonar Manurung April 14, 2014 at 9:50 am

Halo!

Kami melihat bahwa Anda memiliki beberapa resep yang lezat di blog Anda dan kami ingin mempromosikan blog Anda.

Kami ingin memasukkan blog Anda pada pada daftar Top Food Blog di MyTasteIndonesia.com, sebuah jejaring sosial buat Anda yang menyukai masakan dan juga yang pemilik blog seperti Anda. Banyak blog yang telah menjadi anggota dan mendapatkan keuntungan dari publikasi di situs kami.

Anda dapat menambahkan blog Anda pada daftar Top Food Blog kami dengan mengikuti link ini http://www.mytasteindonesia.com/top_food_blogs

Mohon untuk membalas email ini agar kami mengetahui bahwa Anda telah menerimanya. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya. Semoga kami akan melihat blog Anda di daftar Top Food Blog kami.

Salam,

MyTasteIndonesia.com

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: